22 Persen Mahasiswa Baru UNS Kuliah Gratis

6 Sep

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima 5.622 mahasiswa baru di 2013 dari total 181.364 pendaftar. Mahasiswa masuk lewat tiga jalur yaitu seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), dan ujian masuk bersama perguruan tinggi.

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNS Surakarta Sutarno mengatakan, dari 5.622 mahasiswa baru, 1.234 orang atau 22 persen di antaranya akan mendapatkan beasiswa Bidik Misi. “Mereka sudah memenuhi syarat mendapat beasiswa Bidik Misi, di antaranya berasal dari keluarga tidak mampu,” ujarnya kepada wartawan usai upacara penyerahan mahasiswa baru di kampus UNS Surakarta, Selasa, 20 Agustus 2013.

Penerima Bidik Misi akan mendapat beasiswa sebesar Rp 6 juta per semester selama 8 semester. Terdiri dari Rp 2,4 juta untuk biaya pendidikan dan Rp 3,6 juta untuk biaya hidup selama enam bulan. Namun belum ada ketentuan semisal masa studinya lebih lama dari 8 semester. “Kalau lebih dari itu (8 semester), belum ada keputusan soal pembiayaan. Lagipula belum ada kasus karena baru masuk tahun ketiga,” katanya.

Dia mengatakan secara total UNS mendapat jatah 1.320 mahasiswa untuk Bidik Misi, termasuk untuk mahasiswa baru Diploma III. Sehingga sisanya akan diisi mahasiswa Diploma III yang mendapat pembiayaan hingga enam semester.

Sutarno memastikan penerima beasiswa Bidik Misi sudah sesuai sasaran. Pihaknya sudah melakukan verifikasi misalnya dengan mencocokkan pernyataan calon penerima yang mengaku miskin ke sesama mahasiswa. “Kami tanya ke temannya, apa benar-benar miskin,” ujarnya.

Selain itu, pihak kampus mengadakan kunjungan ke setiap rumah untuk mengetahui kondisi sebenarnya. Rencananya nama penerima beasiswa Bidik Misi akan diumumkan pada Kamis, 22 Agustus 2013. Dia mengatakan, jumlah penerima beasiswa Bidik Misi tahun ini bertambah 300 orang dari yang diterima UNS tahun lalu.

Rektor UNS Surakarta Ravik Karsidi mengatakan tingkat persaingan masuk UNS cukup ketat, yaitu satu kursi banding 32 orang. Secara nasional, dia mengatakan program studi Sains dan Humaniora sama-sama menempati peringkat 9 dari 62 perguruan tinggi negeri di Indonesia.

“Di antara 5.622 mahasiswa baru, ada 9 mahasiswa asing dari Malaysia, Thailand, Bangladesh, Myanmar, dan Kamboja,” katanya. Saat ini tercatat ada 198 mahasiswa asing di UNS dari 29 negara. Panduan Pengisian PDSS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: