5 Tips Lolos SNMPTN 2014

29 Sep

Sip dah. Gue balik lagi nulis di blog ini. Kali ini gue mau bagi-bagi saran dan trik supaya adek-adek kelasku bisa lolos SNMPTN 2014🙂
Mulai aja ya

1. Kenali identitas sekolah lo.
Maksudnya kenali apakah sekolah lo itu terkenal? Apa sekolah lo sering ikut lomba-lomba? Apa akreditasi sekolah lo? Nah kalo sekolah lo itu prestasinya bagus atau di atas rata-rata berarti lo punya kesempatan untuk daftar di PTN yang akreditasinya tinggi.

2. Cari tau alumni di universitas itu dari sekolahmu
Bisa tanya ke TU, apa ada kakak kelas yang pernah masuk di univ ini? Ga mungkin kan universitas milih kamu asal-asalan. Pastinya kalo kamu sampe kepilih itu juga karena ada alumni yang prestasinya baik di universitas itu.

3. Cari tau daya tampung jurusan itu
Sama cari banyaknya peminat jurusan itu. Kalo perbandingannya cukup jauh, berarti tuh jurusan termasuk kategori sulit ditembus -_-

4. Cari tau apa ada temen lo yang minatnya sama kayak elo
Bahaya nih. Karena rata-rata sih universitas hanya memilih orang-orang yang prestasinya lebih baik kan. Misalnya elo milih FK UNUD, terus ada temen lo yang lebih pinter juga milih FK UNUD. Ya jelas kesempatan elo bakal lebih mengecil.

Yang terakhir nih
5. Kenali diri elo
Apa elo cukup berprestasi? Apa elo punya banyak sertifikat buat ditunjukin? Bukannya mau gimana ya, tapi sadar diri itu perlu loh.
Jujur, gue bukan orang yang sering ikut lomba. Tapi ada di benak gue pingin masuk ITB. Tapi rasanya ga akan mungkin keterima kalo gue daftar ke sana. Kalopun gue ngebet pingin ke ITB, maka satu-satunya jalan adalah SBMPTN, sedangkan gue ga tega minta uang untuk bimbel lagi ke ortu. Gue juga pingin bikin ortu gue seneng dan ga perlu deg-degan lagi nunggu anaknya kuliah dimana. Akhirnya gue turunin sedikit aja pilihan gue ke Universitas Diponegoro. Dan akhirnya keterima deh.

Menurut gue tips yang terakhir itu yang paling penting.
Kalo elo ngebet milih jurusan di TOP 3 PTN yaitu UI,ITB dan UGM, tanya sama diri elo , “kalo gua ga dapet di SNMPTN apakah gue sanggup berjuang di SBMPTN DAN UM?” Kalo sanggup silakan lanjutkan, tapi kalo engga pikirin baik-baik pilihan elo.

Bayangin bahagianya ortu elo saat tau anaknya keterima di PTN lewat jalur undangan. Ga ngeluarin duit lagi, bisa liburan dengan santai lagi.

Gue sendiri bersedia buat bantuin elo milih jurusan nanti. Kalo kalian mau konsultasi, silakan.
Anyway, gue juga berhasil bantuin temen-temen gue masuk PTN, lewat SNMPTN. Mereka minta konsultasi gitu  dan akhirnya berhasil. Itu lah sekedar tips yang sangat singkat dari gue.

Mulailah dari Pendaftaran SNMPTN 2014

7 Responses to “5 Tips Lolos SNMPTN 2014”

  1. Reza dewanti December 1, 2013 at 7:58 am #

    Kak, saya boleh minta sarannya ga? Bingung mau ngambil jurusan apa😦

  2. Reza dewanti December 1, 2013 at 8:19 am #

    Oh iya, kamu jurusan apa kak?

  3. maya marwiah December 3, 2013 at 3:53 pm #

    ayo adik2, pilih IPB aja atuh…
    IPB itu universitas keren yang penuh inovasi loh…
    wets, mungkin emang di kepala orang2 pas dengar IPB pasti lgsg nanya… Pertanian?? hello, ngapain coba kuliah di pertanian?… kumuh, nyangkul, petani, hutan, miskin, kuper atau apapun itu hal yg buruk2 yg ada di kepala kalian… sy cm mau bilang bahwa pertanian bukan cuma ttg hal2 itu guys… pertanian itu keren.. Ratusan juta rakyat Indonesia bergantung dari matapencaharian ini. Ratusan juta rakyat Indonesia hidup dari pertanian!
    Prospek?
    Jangan ragu. Kalau di bidang pertanian, IPB ngga perlu diberikan pertanyaan dan keraguan apapun. Mungkin yang ngga kalian tau, IPB punya kepanjangan lain lo.. Institut Perbankan Bogor! Percaya nggak? Haha.. Kembali ke temen2 kok percaya atau ngga.. alumni IPB adalah alumni yang dikenal membanjiri semua Bank! Bukan cuma anak2 dari Fakultas Ekonomi yang membanjiri Bank, tapi banyak yang dari jurusan lainnya seperti Fisika, Industri dsb juga turut bekerja di Bank. Jadi mohon maaf buat univ lain yang selama ini bernada protes ke IPB, kenapa ‘lahan’nya dikuasai IPB. Kata Pak Dekan, ‘ya jangan salahin anak2 IPB dong yang punya kemampuan di segala bidang..’. Haha.. Peace ah! :p
    Nah, tadi kan saya bilang Institut Perbankan Bogor, sekarang saya mau kenalin nama yang ngga jauh beda. Institut Pengusaha Bogor! Yah..! Here we are! Saya ngga tau harus nunjukin bukti yang mana untuk nama yang satu ini. Karena saya sendiri geleng2 kepala. Betapa jiwa bisnis dan pengusaha dari mahasiswanya, CRAZY! Semua dibisnisin. Bahkan ada temen sekelas saya, -padahal baru beberapa bulan kita di IPB- dia buka usaha di bidang peternakan, sampai dia dan teman2 grupnya, bisa masing2 beli laptop+motor sendiri dengan uang mereka sendiri! Gila! Seumuran saya bisa seperti itu.. tiap bulan entah berapa puluh juta uang masuk ke kantongnya.. Itu cuma dari angkatan saya. Angkatan2 di atas saya apalagi. Contohnya, pengusaha muda terbaik se-Indonesia, Elang Gumilang. Kebetulan si kakak ini alumni jurusan Manajemen, FEM IPB (jurusan saya, hehe..) Kalian bisa search sendiri ya tentang apa yang dibuatnya.. Biar saya ngga dibilang mengada-ada.🙂
    IPB punya visi untuk menjadikan Indonesia negara dikjaya dengan kemampuan pertanian yang luar biasa! Mau turun ke lapangan langsung, atau di bawah atap gedung, IPB akan terus mengawal pertanian kita. Ciyeee… ahhaha..
    Baiklah, kembali serius. Kalo tadi saya jelasin tentang perbankan dan jiwa bisnis anak IPB, sekarang tentang pertanian itu sendiri. Untuk jurusan2 seperti Tekpang (teknologi pangan), gizi, teknologi industri pertanian, amat jelas lahan kerjanya.. bisa di BPOM, perusahaan2 makanan apapun itu, Nestle misalnya, perusahaan kopi, dan aaaah.. banyak deh!

    Akses IPB ke Luar Negeri?
    Where there is a will, there is a way! Bagi yang punya keinginan buat mengecap manisnya study di luar negeri, IPB jawabannya. Dosen2 kami hampir semuanya menyelesaikan S3 di luar, paling banyak kayanya dari Jepang. Mahasiswa? Sangat amat sering…

    Oh iya main2 ke website ini yah buat tau bnyak ttg IPB http://ipb.ac.id/

  4. cilegn December 28, 2013 at 9:56 am #

    konsultasi ke elu gmna?

  5. risman maran January 19, 2014 at 3:06 am #

    ka, bntu aku pilih universtas, aku bingung mw pili undip ato unud. . .aku mw kulia jurusan pendidikan dokter. . .
    nilai rta2 raportku naik trus. .aku jga punya beberapa sertifilt. . .
    aku dri ntt, peluang yg lbi besar d trima ithu dmana??
    mksi

  6. wahyu February 24, 2014 at 6:45 am #

    kk, mau konsultasi
    sya bingung mau nyari jurusan mana

  7. Dika February 27, 2014 at 8:32 am #

    maaf kak mau knsultasi, apa harus punya latar belakang SMA yg cemerlang untuk bsa lolos sbmptn?
    mksh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: