UNS Siapkan Gedung dan SDM Untuk Fakultas Baru

13 Nov

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan menyiapkan gedung baru empat lantai untuk fakultas baru. Gedung. Tersebut utamanya difokuskan untuk laboratorium Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Sebelumnya usulan pemisahan Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) menjadi FSRD dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) telah disetujui senat FSSR dan senat UNS Dekan FSSR UNS, Riyadi Santosa, mengemukakan, saat ini proses pemisahan FSSR menjadi FSRD dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) tinggal menunggu izin dari Dirjen Dikti Kemendikbud.

Pemisahan FSSR menjadi FIB dan FSRD ini telah menjadi cita-cita sejak lama. Sebab, di awal berdirinya UNS bidang ilmu Bahasa dan Sastra serta Seni Rupa memang terpisah. Dalam berdirinya Universitas Sebelas Maret, ilmu Bahasa dan Sastra dan Seni Rupa dalam satu naungan payung FSSR. Untuk itu, di masa awal ia menjabat Dekan FSSR, Riyadi memiliki visi untuk memisahkan FSSR menjadi FIB dan FSRD. Ia optimis pemisahan FIB dan FSRD ini dapat segera terealisasi.

Untuk pemisahan FIB dan FSRD pihaknya telah membentuk Tim Panitia Kerja Persiapan Tata Kelola FSRD dengan Ketua Tim, Agus Nur Setiawan dari prodi Seni Rupa Murni, dan Sekretaris Tim, Anung B Studyanto dari prodi Desain Interior. Panitia Kerja Persiapan Tata Kelola FSRD ini bertugas menyiapkan Kurikulum untuk FSRD  Sehingga ketika ijin telah diterima FSRD dapat langsung berjalan.

Riyadi menjelaskan, untuk pembukaan FSRD pihaknya juga telah mengadakan studi banding ke beberapa perguruan tinggi untuk belajar mengelola FSRD. Di antaranya ke Universitas Negeri Makasar (UNM) karena di UNM juga pernah ada pemisahan Fakultas Bahasa dan Sastra dengan Fakultas Seni dan Desain.  Pendirian FSRD ini juga didukung dengan sumber daya manusia (SDM) yang memadai dan infrastruktur yang akan dilengkapi. Jumlah dosen yang dimiliki untuk prodi yang nantinya bernaung dibawah FSRD dinilai telah sesuai dengan rasio mahasiswa yang ada.

Adapun empat prodi yang bernaung di FSRD yakni Seni Rupa Murni, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual (DKV), dan Kriya Seni/Tekstil. “SDM sudah cukup. Hanya DKV yang kurang dua dosen, tapi ini nanti akan kita isi dari CPNS UNS.”

Sementara itu, nantinya FIB akan membawahi bidang ilmu yang berkaitan dengan bahasa dan sastra. Meliputi Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sastra Arab, Sastra Daerah (Jawa), dan Ilmu Sejarah.

Terkait infrastruktur pendirian FSRD, Riyadi menjelaskan, nantinya akan dibangun gedung empat lantai untuk FSRD. Gedung baru tersebut akan lebih dimanfaatkan untuk laboratorium dan workshop karena bidang seni rupa membutuhkan lebih banyak ruang untuk praktik. Rencananya, gedung baru FSRD akan menempati lahan FSSR di bagian selatan. Pendaftaran SBMTPN Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: