Panitia SNMPTN Targetkan 15 Ribu Sekolah

7 Jan

Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri SNMPTN 2014 memperkirakan akan ada sekitar 15 ribu sekolah yang melakukan pengisian data ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Pada tahun ajaran 2012/2013 lalu sudah 12 ribu sekolah terdaftar di PDSS. Untuk tahun ini kita targetkan menjadi 15 ribu sekolah,” ujar Ketua Panitia SNMPTN 2014, Ganjar Kurnia.

Menurutnya, pengisian PDSS merupakan tahap awal dan terpenting. Apabila sekolah tidak mengisi PDSS, maka siswa sekolah tersebut tidak dapat mendaftar dan mengikuti seleksi SNMPTN 2013.

Oleh karena itu, dirinya menghimbau kepada semua sekolah untuk segera mengisi PDSS. Termasuk juga kepada sekolah yang sebelumnya diduga atau masuk daftar hitam karena melakukan kecurangan, diharapkan mau melakukan kilarifikasi dan melaksanakan peryaratan yang telah ditentukan. “Ini juga termasuk sekolah-sekolah yang di black list karena melakukan kecurangan,” ungkapnya.

Meski demikian, pihak panitia SNMPTN membuka ruang bagi sekolah-sekolah yang diblokir untuk melakukan klarifikasi. “Jika memang tidak bisa masuk ke sistem, bisa langsung menghubungi Unpad selaku panitia penyelenggara. Kita akan melakukan klarifikasi dan jika lolos maka pemblokiran akan dibuka,” jelas Rektor Universitas Padjajaran itu.

Dirinya menambahkan, bagi sekolah yang terkendala masalah jaringan untuk melakukan pengisian PDSS di universitas atau kantor pos terdekat. “Pengisian laman PDSS bisa dilakukan di kantor pos dan universitas yang terdekat bila ada kendala jaringan pada sekolah calon peserta SNMPTN,” terang Ganjar.

Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Panitia Penyelenggara SNMPTN 2014 menggandeng PT Pos Indonesia untuk membantu menyediakan fasilitas berupa perangkat komputer lengkap dengan jaringan internet untuk pendaftaran SNMPTN 2014. Dengan cara seperti itu, calon peserta yang di rumahnya tidak memiliki koneksi internet, tinggal datang ke Kantor Pos terdekat.

“Untuk pendaftaran, kita basisnya online. Berdasarkan catatan, PT Pos punya kantor di setiap kecamatan dan setiap kantor pos ada jaringan internetnya. Jadi (calon peserta) diberi (fasilitas) cuma-cuma untuk mendaftar,” jelas Ganjar.

Pengisian PDSS dilakukan langsung oleh Kepala Sekolah. Untuk tahun ini, pengisian PDSS meliputi nilai prestasi akademik seluruh siswa dari semester I sampai semester VI serta catatan prestasi lainnya. Setelah pengisian PDSS oleh pihak sekolah, siswa langsung memverifikasi data tersebut hingga 6 Maret 2014.

Adapun pendaftaran SNMPTN untuk calon mahasiswa dibuka pada 17 Februari hingga 31 Maret 2014 melalui http://snmptn.ac.id. Dalam hal ini, syarat bagi siswa untuk bisa mendaftar SNMPTN adalah memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: