SNMPTN, Tak Ada Larangan Kaum Difabel Daftar ke Unpad

19 Apr

Universitas Padjadjaran (Unpad) tidak mendiskriminasi siapa pun yang ingin mendaftar ke kampus tersebut, khususnya bagi kaum difabel melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Hal tersebut ditegaskan Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Engkus Kuswarno, MS. Bagi dia, jika catatan dan kemampuan akademik memenuhi persyaratan seleksi, maka calon tersebut dapat diterima di Unpad.

“Dalam SNMPTN, syarat seleksi yang diajukan berasal dari nilai akademik siswa. Sekiranya akademiknya¬† layak, maka dia bisa lolos seleksi,” tutur Prof. Engkus, seperti dikutip dari laman Unpad, Senin (24/3/2014).

Mendukung hal ini, Unpad sudah memberikan fasilitas infrastruktur bagi mahasiswa difabel. Di beberapa gedung fakultas sudah dibangun infrastruktur seperti toilet, maupun jalur khusus untuk memasuki gedung.

Berangkat dari sana, di masa mendatang, semua lingkungan kampus Unpad akan disediakan infrastruktur tersebut, termasuk helper bagi mahasiswa tunanetra dan tunarungu.

Oleh karena itu, terkait dengan kuota penerimaan untuk calon mahasiswa disabilitas, Unpad tidak mengalokasikannya. “Siapa pun, baik mahasiswa disabilitas maupun yang nondisabilitas, punya peluang untuk bisa diterima di Unpad,” tambah dia.

Pendaftaran SBMPTN 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: