6 Juni, Biodata Calon Mahasiswa Baru Harus Masuk

30 May

Calon Mahasiswa Baru yang telah dinyatakan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diwajibkan mengunggah biodata dan besaran penghasilan orang tua hingga 6 Juni nanti. Data tersebut akan menjadi acuan penentuan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) masing-masing mahasiswa.

Disampaikan Kordinator Humas dan Publikasi Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Tunjung W. Sutirto, ada yang perlu diperhatikan bagi peserta SNMPTN yang lolos. “Peserta yang diterima, sampai dengan 6 Juni nanti harus mengunggah biodata dan penghasilan orang tua di atas materai. Data tersebut kemudian diunggah secara online,” ujar dia saat ditemui, Rabu (28/5/2014).

Selanjutnya, data tersebut akan diolah. Sehingga pada 9 Juni sudah didapatkan data mengenai besaran UKT masing-masing mahasiswa. “Besaran UKT itu terdapat lima skema yang didasarkan dari input data penghasilan orang tua masing-masing. Tapi itu untuk yang non bidikmisi. Kalau yang Bidikmisi prosesnya sudah selesai,” terang dia.

Tunjung mengatakan, data UKT tersebut kemudian akan diterbitkan 10 Juni 2014. Data itu pula yang nantinya menjadi penentu pada proses administrasi pada 17 Juni.

Berdasarkan data yang telah diolah di UNS, terdapat 2.441 orang yang lolos SNMPTN dan masuk UNS. Untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNS menerima sebanyak 160 orang, Fakultas Hukum 200 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 182 orang, Fakultas Kedokteran 170 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 680 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 208 orang, Fakultas Pertanian 355 orang, Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) 233 orang, dan Fakultas Teknik 243 orang. Dari jumlah pendaftar yang diterima tersebut, 618 orang di antaranya pendaftar Bidikmisi.

Di sisi lain, pada hari pengumuman SNMPTN pada Selasa (27/5), terjadi peningkatan pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Untuk hari itu saja, data menunjukkan adanya peningkatan pendaftar sebanyak 588 orang.

“27 [Mei] lalu memang terjadi peningkatan untuk pendaftaran SBMPTN sebanyak 588 pendaftar. Dibandingkan sebelum hari pengumuman, terjadi peningkatan,” ujar dia.

Sejak dibuka pendaftaran pada 12 Mei lalu, total pendaftar yang masuk hingga Rabu sebanyak 3.123 pendaftar. Jumlah itu terdiri dari 1.123 pendaftar bidang Saintek, 1.501 pendaftar bidang soshum, dan 499 pendaftar bidang campuran.

Pendaftaran dan Pengisian Boran SBMPTN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: