Sekolah Bisnis Manajemen ITB Jadi Favorit di SNMPTN 2014

31 May

Sebagai salah satu kampus teknik terbaik di Indonesia, program studi (prodi) favorit para peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 di Institut Teknologi Bandung (ITB) justru Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB.

Menurut Rektor ITB Akhmaloka, jurusan favorit di ITB berbanding terbalik dengan tingkat kesulitan atau passing grade jurusan tersebut. Prodi dengan passing grade tertinggi di ITB, kata Akhmaloka, belum tentu menjadi jurusan paling populer.

“Di ITB, SBM itu paling banyak peminatnya. Tapi bukan terbaik atau passing gradenya paling tinggi. kalau passing gradenya paling tinggi itu Fakultas Teknologi Industri (FTI), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, serta Fakultas Pertambangan dan Perminyakan. Jurusan yang tinggi passing gradenya tinggi belum tentu paling populer,” ujar Akmaloka ketika dihubungi Okezone, Kamis (29/5/2014).

Dia menjelaskan, jurusan dengan passing grade paling tinggi justru memiliki tingkat persaingan yang paling rendah. Namun, lanjutnya, setiap calon mahasiswa yang berkompetisi dalam jurusan tersebut memiliki prestasi akademis yang sangat baik.

“Tahun lalu ada data Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yang paling tinggi nilainya seluruh Indonesia masuk FTI ITB. Meski passing gradenya paling tinggi, tapi kompetisi paling kecil, sekitar 1:10 dibandingkan SBM ITB yang bisa mencapai 1:15. Artinya yang daftar di situ anak-anak ranking satu,” paparnya.

Keadaan berbeda terjadi pada SBM ITB yang menjadi prodi favorit para peserta SNMPTN 2014 di ITB. Menurut, Akhmaloka, kadang-kadang memang tidak ada korelasi dengan prodi paling favorit dengan yang paling sulit untuk ditembus.

Mantan Ketua Panitia SNMPTN dan SBMPTN 2013 itu menambahkan, SBMP ITB banyak diserbu oleh para pelajar karena jurusan tersebut memungkinkan para pelajar bidang studi IPS menjadi mahasiswa ITB. Sebab, mayoritas prodi di ITB berlatarbelakang pendidikan eksak.

“Hampir semua jurusan di ITB untuk bidang studi IPA. Sedangkan SBM ITB itu bisa untuk anak IPS. Selama ini kan anak IPS hanya bisa masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Dalam SNMPTN, untuk SBM ITB kami mintanya jurusan IPS, tapi IPA juga boleh,” tutup Akhmaloka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: